Home > SUMATERA UTARA > SUMATERA UTARA – OBJEK WISATA PART 1

SUMATERA UTARA – OBJEK WISATA PART 1

  1. Danau Toba

Danau Toba memang pantas menjadi salah satu ikon Sumatera Utara. Dengan ukuran yang fantastis, Danau Toba merupakan hasil dari danau vulkanik yang terbesar di Asia Tenggara. Diperkirakan, Danau Toba terbentuk saat ledakan dari supervolcano sekitar 73 sampai 75 ribu tahun yang lalu. Debu vulkanik yang menumpuk dan akhirnya membentuk cerukan sebelumnya telah menelan jutaan korban jiwa dan juga makhluk hidup yang berada di sekitar Danau Toba. Sekarang, Danau ini menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Sumatera Utara. Selain Danau Toba sebagai obyek wisata utama, ada juga banyak pulau-pulau kecil dan juga desa-desa di sekitar Danau Toba yang menarik untuk dikunjungi.

Di sekitar Danau Toba terdapat banyak sekali tempat makan, penginapan, sampai ke tempat yang menyediakan jasa tour dan traveling. Untuk yang ingin berwisata dengan mudah, tentunya Danau Toba menjadi pilihan yang menyenangkan, karena banyak penginapan dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa untuk melihat danau-danau indah yang terdapat di Indonesia, salah satunya adalah Danau Kaolin di Bangka-Tempat Wisata dan Daftar Danau di Indonesia.

  1. Pulau Samosir

Banyak tempat wisata di Indonesia yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi. Tetapi, untuk para pengunjung yang menyukai wisata danau Toba, setelah mengunjungi Danau Toba, tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi Pulau Samosir. Pulau kecil yang berada di tengah danau Toba ini menjadi salah satu destinasi wisata yang akan sayang jika tidak dikunjungi.

Pulau ini merupakan salah satu tujuan wisata budaya, karena pengunjung dapat menemukan rumah masyarakat Samosir zaman dahulu. Ada juga tarian yang masih dilestarikan oleh masyarakat Samosir, patung-patung dan rumah masyarakat yang bisa dijadikan objek fotografi untuk para pengunjung yang suka fotografi, dan jangan lupa membeli bermacam-macam oleh-oleh dan pernak-pernik khas Pulau Samosir.

  1. Parapat

Masih terpesona dengan keindahan Danau Toba, tetapi ingin melihatnya dari tempat yang berbeda? Kunjungi obyek wisata Parapat yang berada di kawasan Danau Toba.

Tempat yang menyajikan keindahan pemandangan alam lokal dan juga keindahan alam Kota Parapat ini memberikan keindahan Danau Toba dari sisi lain, dan juga suasana yang segar dan juga asri yang menyelimuti daerah ini. Selain keindahan alam, para wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan berfoto bersama dan juga memberi makan bersama monyet-monyet yang banyak terdapat di sekitar daerah ini. Medan memang banyak yang menarik untuk dikunjungi, bisa dilihat dari Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi.

  1. Bukit Gundaling

Berada di pinggir kota Berastagi, Bukit Gundaling berlokasi sekitar 60 kilometer dari pusat kota Medan. Berada di ketinggian lebih dari 1500 meter di atas permukaan laut, dan memiliki suasana yang asri, tenang, dan udara yang segar, Bukit Gundaling membuat para wisatawan yang mengunjunginya merasa nyaman dan betah berlama-lama. Bukit Gundaling memiliki keunikan yaitu membuat kita dapat melihat pemandangan dua gunung berapi dari puncaknya.

Dikenal sebagai Kota Markisan dan Jeruk Manis, Gundaling sendiri merupakan kota yang memiliki hamparan ladang pertanian yang indah, luas, hijau, dan asri. Bayak tempat yang menarik dapat dilihat di sekitar Sumatera, dengan keunikan dan juga keindahan yang terdapat di sekitar Sumatera. Salah satunya adalah di Sumatera Barat, dan bisa dilihat di Tempat Wisata di Bukittinggi Sumatera Barat dan Sekitarnya.

  1. Menara Air Tirtanadi

Merupakan salah satu ikon kota Medan, dan keberadaan menara ini sangat penting dan vital bagi penduduk kota Medan. Didirikan pada tahun 1908 oleh pemerintah Belanda, tempat penampungan air ini memiliki sejarah yang menarik.

Pada zaman Belanda, tidak semua masyarakat Medan bisa menikmati air bersih, yang pada zaman itu disebut sebagai air leiding yang berasal dari bahasa Belanda. Menara air yang berdiri di tengah kota Medan, tepatnya di jalan Sisingamaraja ini masih terawat dengan baik, dan menjadi landmark kota Medan sampai hari ini.

Para pengunjung yang melihat-lihat kota Medan dapat dengan mudah menemukan menara air ini, tetapi tempatnya yang terhimpit di antara gedung dan bangunan membuat menara air ini memang tidak terlalu tampak mencolok. Banyak tempat-tempat wisata di tengah kota yang kurang terekspos, seperti yang terlihat di Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan.

  1. Bukit Lawang

Terletak sekitar 80 kilometer dari kota Medan, Bukit Lawang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Pepohonan hijau, asri, dan udara sejuk yang terdapat di Bukit Lawang membuat pengunjung lupa dengan hiruk pikuk dan kericuhan di kota besar. Banyak kegiatan dan aktivitas yang dapat dilakukan di Bukit Lawang, seperti trekking, menikmati pemandangan, bersantai, sampai melihat-lihat binatang khas berupa Orangutan.

Tidak usah khawatir dengan letak obyek wisata ini yang cukup jauh dari pusat kota, karena pengunjung dapat meninap di dekat Bukit Lawang dan juga menikmati wisata kuliner di tempat ini. Tempat-tempat wisata di Indonesia memang banyak dan masing-masing memiliki keindahan yang unik dan berbeda, tidak hanya di Sumatera saja, tetapi juga di seluruh pulau di Indonesia, seperti Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi.

  1. Kampung Madras Medan

Disebut juga sebagai Kampung Keling, Kampung Madras Medan merupakan perkampungan atau daerah yang memiliki penduduk yang kebanyakan berasal dari India. Suasana di Kampung Madras ini sendiri merupakan tempat wisata budaya yang unik dan berbeda dari yang lain, karena kentalnya budaya India yang beradat istiadat khas, dengan banyaknya kuliner ala India, pernak pernik khas India, dan juga kental dengan adat Hindu.

Tempat budaya yang kental dengan banyak sejarah ini merupakan salah satu landmark yang terkenal di Medan. Seperti tempat budaya lainnya, kebanyakan yang bisa dilihat di sini adalah budaya dan juga sejarah yang terdapat dan mendarah daging di masyarakatnya. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan juga mentaati peraturan yang disetujui oleh masyarakat setempat.

  1. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Meskipun berupa museum, tetapi Rahmat International Wildlife Museum & Gallery ini sama sekali tidak membosankan. Bangunan yang terlihat modern, tempat yang dirawat oleh pengelola dan juga kegiatan-kegiatan dan aktivitas yang menarik membuat Rahmat International Wildlife Museum & Gallery ini menjadi salah satu tempat menarik untuk dikunjungi para wisatawan yang membawa anak-anak.

Merupakan satu-satunya museum yang memiliki koleksi lengkap hewan diawetkan di Asia, museum ini bertempat di tengah kota Medan, tepatnya di Jalan S. Parman. Tersedia berbagai macam fasilitas yang lengkap untuk pengunjung, mulai dari perpustakaan yang memiliki banyak buku mengenai jenis-jenis satwa, toko souvenir untuk membeli cinderamata, kafe yang juga menyajikan macam-macam minuman, sampai ruangan serbaguna untuk pertemuan, pesta, dan keperluan lainnya.

  1. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak merupakan tempat wisata yang cukup populer bagi para pendaki gunung dan pencinta alam. Dengan keindahan alam yang luar biasa, banyak dari pengunjung dan pendaki yang berangkat sejak pagi untuk dapat menikmati matahari terbit yang indah.

Dari puncak Gunung Sibayak, para pengunjung dan wisatawan dapat menikmati kota Medan. Berlokasi sekitar 50 kilometer dari kota Medan, banyak sekali pendaki yang menaklukkan gunung berketinggian 2.212 meter di atas permukaan laut ini. Setiap tanggal 17 Agustus, di gunung yang memiliki sebutan “gunung Raja” oleh uku Karo ini terdapat upacara rutin dan lomba panjat pinang bagi seluruh pencinta alam. Setelah menikmati pemandangan gunung, banyak juga pemandangan yang dapat dinikmati, tetapi pengunjung dan wisatawan harap selalu mengingat Pantangan Saat Naik Gunung yang Harus Ditaati.

  1. Cagar Alam Sibolangit

Cagar alam ini memiliki luas sekitar 24 hektar dan bertempat di Kabupaten Deli Serdang. Dengan tanah yang berbukit dan berada di ketinggian 500 meter, cagar alam Sibolangit menawarkan pemandangan indah dan unik serta suasana yang asri, sejuk, dan juga segar karena banyaknya pepohonan rimbun dan juga air terjun yang berada di tempat ini. Cagar alam Sibolangit merupakan tempat yang cocok untuk berkemah, berwisata air, bermain air, atau sekedar bersantai dan menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Banyak yang merasa bahwa menikmati pemandangan alam adalah sesuatu yang membosankan. Tentunya hal itu tidak berlaku jika sedang berjalan-jalan dan menikmati pemandangan dan juga alam yang terhampar di seluruh pulau di Indonesia, salah satunya seperti Wisata Raja Ampat Papua Barat yang terkenal sampai ke mancanegara.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *