Home > SUMATERA UTARA > SUMATERA UTARA – OBJEK WISATA PART 2

SUMATERA UTARA – OBJEK WISATA PART 2

  1. Taman Nasional Gunung Leuser

Merupakan salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia yang memiliki tempat luar biasa luas, yaitu sekitar 1.100.000 hektar. Secara administrasi, Taman Nasional Gunung Lesuer terletak di dua Provinsi, yaitu Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Mengambil nama Gunung Leuser yang memiliki tinggi 3404 meter di atas permukaan laut ini, Taman Nasional Gunung Leuser memiliki ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis. Dikelola dengan sistem yang baik, tempat ini sangat cocok untuk para pengunjung dan wisatawan yang ingin berkunjung dan bersantai, sampai ke peneliti dan ilmuwan yang memanfaatkan taman ini sebagai tujuan penelitian.

Tidak hanya memiliki pemandangan alam saja, tetapi tempat ini memiliki banyak kegiatan yang cocok dinikmati untuk semua wisatawan dari berbagai umur. Sama seperti tempat-tempat wisata yang unik lainnya seperti Tempat Wisata di Purwakarta dan Sekitarnya.

  1. Tangkahan

Masih termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Leuser, Tangkahan adalah salah satu tujuan eco-travel di Sumatera Utara yang memberikan macam-macam aktivitas dan kegiatan menarik bagi para pengunjung, mulai dari menaiki gajah, sampai mengarungi sungai. Untuk para pencinta alam dan juga air terjun, lihat juga Tempat Wisata di Sukabumi Paling Unik, lengkap dengan kegiatan yang menarik.

Selain itu, terdapat juga berbagai tempat yang menarik untuk dilihat, seperti trekking melewati hutan yang cukup lebat tetapi tidak terlalu dalam, atau menikmati kegiatan bersepeda dan juga menikmati ekosistem yang terjaga dan asli di taman nasional ini. Untuk penginapan dan tempat makan, para pengunjung tidak usah khawatir karena terdapat banyak penginapan, akomodasi dan juga transportasi yang berada di sekitar taman nasional ini.

  1. Hillpark Sibolangit

Sedikit mengingatkan tempat yang populer di Jakarta yaitu wahana wisata Dufan dan juga Taman Mini Indonesia Indah Jakarta (TMII) Ulasan Lengkap yang berada di ibukota Indonesia, Hillpark Sibolangit cocok untuk para pengunjung dan wisatawan yang membawa anak-anak atau keluarga, tempat ini menjadi salah satu tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Hillpark Sibolangit merupakan taman rekreasi yang bertempat di Desa Suka Makmur Sibolangit, dan memiliki banyak jenis permainan. Seperti halnya taman rekreasi lainnya, Hillpark Sibolangit menawarkan banyak kegiatan seperti mencoba wahana-wahana yang menarik, dan merupakan salah satu taman permainan yang terbesar di Sumatera dengan luas sekitar 20 hektar. Bertempat di ketinggian 550 meter di atas permukaan laut, membuat tempat rekreasi sekaligus obyek wisata ini cukup unik dibandingkan taman rekreasi lainnya, karena udara yang segar.

  1. Air Terjun Aek Sijornih

Merupakan air terjun yang berlokasi di di Desa Aek Libung, nama air terjun Aek Sijornih berasal dari bahasa batak yang memiliki arti berupa air yang jernih. Terdiri dari dua buah air terjun berukuran kecil dan melewati tebing miring dengan kandungan kapur, air terjun ini memang kurang populer jika dibandingkan dengan air terjun lain dan juga obyek wisata lain yang berada di Sumatera Utara. Meskipun begitu, pemandangan dan tempat yang asri membuat banyak wisatawan merasa betah.

Banyak tempat-tempat yang belum terlalu banyak terekspos oleh media, terutama di daerah Sumatera dan daerah-daerah lain yang jauh dari Pulau Jawa. Meskipun begitu, tempat-tempat ini sangat menarik untuk dijelajahi sendiri, terutama jika pengunjung menyewa guide lokal, sesuai dengan Fungsi Tour Guide untuk Traveler.

  1. Salju Panas Dolok TInggi Raja

Sesuai dengan namanya, Salju Panas Dolok Tinggi Raja memiliki warna tanah yang unik yaitu berwarna putih karena terletak di kawasan bukit kapur sehingga menyerupai salju, tetapi tidak dingin. Obyek wisata ini merupakan obyek wisata yang unik, karena warna tanahnya dan juga bentuk yang mirip seperti danau, dan juga di tengah kawasan ini terdapat danau dengan air panas yang berwarna biru kehijau-hijauan.

Salju Panas Dolok Tinggi Raja memiliki keunikan yang tiada dua, tetapi sayangnya masih belum banyak pengunjung dan wisatawan yang mengetahuinya. Oleh karena itu, jalan dan akses menuju obyek wisata ini tidak terlalu baik dan cukup mengganggu. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat unik ini bila para wisatawan sedang berada di Sumatera Utara.

  1. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Disebut juga sebagai Taman Buaya Asam Kumbang, tempat ini merupakan salah satu taman reptile terbesar di Indonesia. Dengan lebih dari 2400 ekor reptile, taman yang dibangun pada tahun 1959 ini memiliki banyak sekali koleksi buaya dari yang masih kecil dan muda, sampai yang besar dan berumur puluhan tahun. Para pengunjung dapat melihat buaya dari tempat yang dekat namun aman, karena buaya-buaya diletakkan di kolam dan danau buatan dan dikelilingi oleh tembok sehingga tidak bisa menyerang pengunjung.

Para pengunjung dan wisatawan juga dapat melihat buaya-buaya tersebut diberi makan oleh pawang, dan merupakan salah satu tempat wisata yang unik. Tentunya, pengunjung tetap diminta untuk mentaati peraturan agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan, sama seperti juga tempat wisata unik lainnya, yaitu Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat.

  1. Air Terjun Sipiso-Piso

Terletak di dekat Desa Tongging, Sumatera Utara, air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola baik oleh Pemerintah Kabupaten Karo. Nama air terjun ini berasal dari kata pisau, karena derasnya air terjun yang menyerupai pisau.

Termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, selain air terjun Sigura-Gura. Tinggi air terjun ini kira-kira 120 meter, dan pengunjung akan mendapati air terjun ini di ketinggian 800 meter di atas permukaan air laut, dan dikelilingi oleh hutan pinus. Dari tempat ini, pengunjung dapat melihat hamparan keindahan tanah Karo dan juga melihat keindahan Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba. Terletak kurang lebih dua jam dari kota Medan, dan memiliki banyak tempat makan serta tempat untuk membeli oleh-oleh di sekitar lokasi ini.

  1. Danau Lau Kawar

Bagi para pengunjung yang menyukai petualangan dan juga keindahan alam, tentunya Danau Lau Lawar merupakan pilihan yang tepat. Memang tidak seterkenal dan sepopuler danau Toba, tetapi hal itulah yang membuat Danau Lau Kawar menjadi salah satu pilihan tepat bagi para pengunjung dan wisatawan yang tidak terlalu menyukai tempat yang ramai dan berdesak-desakan dengan banyak orang. Danau yang memiliki suasana asri dengan banyaknya pepohonan rindang dan sejuk ini terletak di kaki Gunung Sinabung.

Memiliki luas sekitar 200 hektar, terdapat banyak sekali kegiatan dan aktivitas yang bisa dilakukan dengan teman maupun keluarga seperti berkemah, memancing, atau hanya bertamasya ke sekeliling danau yang indah dengan menggunakan perahu kecil yang bisa disewa. Banyak tempat wisata dan juga taman wisata yang bisa dikunjungi, seperti contohnyaTaman Wisata Matahari Bogor Jawa Barat.

  1. Danau Linting

Salah satu danau yang juga tidak memiliki kepopuleran seperti Danau Toba, Danau Linting merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi para wisatawan yang menyukai keindahan alam yang tersembunyi. Salah satu danau yang terbentuk dari aktivitas gunung berapi, danau vulkanik dengan ukuran kurang lebih 1 hektar ini mengandung belerang di airnya, sehingga membuat air di danau ini berwarna biru kehijauan, dan membuat tempat ini menarik untuk dikunjungi para wisatawan yang menyukai fotografi, terutama fotografi alam dan lanskap yang indah.

Bagi para pengunjung yang ingin berenang, harap berhati-hati karena danau ini memiliki kedalaman sampai 100 meter. Pengunjung yang menyukai tempat-tempat bernuansa alam seperti Danau Linting ini juga pasti akan menyenangi tempat-tempat wisata lainnya yang tersebar di Indonesia, seperti Tempat Wisata Alam di Aceh yang Wajib Dikunjungi, yang juga terletak di pulau Sumatera.

  1. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake

Bagi pengunjung yang menyukai kegiatan surfing, pantai Lagundri dan Sorake merupakan destinasi yang paling tepat. Disebut-sebut sebagai tempat berselancar terbaik kedua setelah Hawaii, tinggi ombak pantai bisa mencapai tujuh sampai sepuluh meter, dengan lima tingkatan, dan daya dorong ombak mencapai 200 meter.

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake berada di dalam satu garis pantai, dan hanya terpaut jarak sekitar 2 kilometer. Jadi, untuk para wisatawan, tentunya dengan mudah dapat berpindah dari satu pantai ke pantai yang lain dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan kendaraan umum. Untuk pengunjung yang menyukai keindahan pantai, tentu tidak ada salahnya jika melihat-lihat tempat alami lainnya terutama pantai, seperti Pantai Sadeng Gunung Kidul Yogyakarta.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *