Home > SUMATERA UTARA > SUMATERA UTARA – OBJEK WISATA PART 3

SUMATERA UTARA – OBJEK WISATA PART 3

  1. Air Terjun Telaga Dwi Warna

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit juga menjadi salah satu pesona wisata Sumatera Utara. Dengan ketinggian air terjun yang mencapai 100 meter, Air Terjun Telaga ini memiliki dua warna, sesuai dengan namanya.

Warna putih keabu-abuan dan biru muda terjadi karena adanya kandungan fosfor dan belerang yang dimilikinya. Meskipun tempat untuk mencapainya tergolong cukup sulit, tetapi pemandangan yang indah dan luar biasa ini tidak bisa dilewatkan. Untuk pengunjung dan wisatawan yang takut tersesat, tentunya bisa menyewa pemandu wisata.

  1. Air Terjun Sigura Gura

Banyak pesona alam yang dimiliki Sumatera Utara, salah satunya adalah air terjun Sigura-Gura yang memiliki ketinggian 250 meter. Terletak tidak terlalu jauh dari Danau Toba, air terjun ini terletak di dekat bukit dan cukup terlihat dari jauh. Melihatnya dari dekat membuat pengunjung memiliki pengalaman tersendiri, dan memiliki banyak pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri.

Air terjun tertinggi di Indonesia ini sangat populer dan memiliki banyak tempat penginapan serta rumah makan yang terletak di dekatnya. Air terjun ini terletak di Dusun Sigura-gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecaatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, dan berada di aliran Sungai Asahan yang terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan air laut. Untuk para pengunjung dan juga para wisatawan yang menyukai air terjun, jangan lupa untuk melihat Air Terjun di Indonesia yang Wajib di Kunjungi.

  1. Danau Siombak

Meskipun danau Siombak tidak seterkenal Danau Toba, tetapi tempat ini termasuk ke dalam salah satu tempat yang wajib dikunjungi, karena memiliki sensasi tersendiri untuk para pengunjungnya. Memiliki luas sekitar 40 hektar dan terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan, danau ini adalah lokasi akhir pekan dan liburan yang cocok untuk warga Medan, terutama bagi para pengunjung dan penduduk lokal yang senang bersantai sambil memancing.

Terdapat pula kawasan bermain untuk anak-anak, dengan berbagai macam jenis permainan air. Selain itu, bagi para pengunjung, menikmati pemandangan danau sambil mencicipi kuliner lokal Medan merupakan atraksi tersendiri yang bisa didapatkan di Danau Siombak ini.

  1. Masjid Raya Medan

Medan juga memiliki banyak lokasi untuk berwisata religi dan juga wisata sejarah, salah satunya adalah Masjid Raya Medan yang memiliki bangunan arsitektur dengan campuran antara Timur Tengah, Spanyol, dengan India.

Dibangun sekitar tahun 1906, Masjid Raya Medan terletak di tengah kota Medan, arsitektur interior di dalam Masjid Raya yang memiliki nama Masjid Raya Al Mashun ini juga luar biasa indah. Dengan menikmati keindahan sambil melakukan ibadah, pengunjung juga dapat melihat pengaruh Eropa yang cukup kental. Bagi para pengunjung yang ingin menikmati wisata religi di Medan, tentunya banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, sama seperti tempat wisata lainnya. Bisa juga mengunjungi Tempat Wisata Religi di Aceh yang Harus Dikunjungi.

  1. Taman Wisata Rohani Salib Kasih

Terletak di Kota Tarutung, monument ini berbentuk salib dan dibangun di Dolok Siatas Barita untuk mengenang jasa luar biasa dari Dr. Ingwer Ludwig Nommensen, seorang misionari asal Jerman Utara, ayng mengajarkan dan menyebarkan agama Kristen di Sumatera Utara.

Di puncak (dolok) Siatas Barita ini, banyak peristiwa sejarah yang pernah terjadi. Salah satunya, Nommensen pernah diancam akan dibunuh oleh masyarakat lokal pada zaman itu sebagai salah satu persembahan untuk ritual penyembahan. Untuk masuk ke dalam Taman Wisata Rohani Salib Kasih ini, dipungut biaya yang tidak terlalu besar yaitu berupa dua ribu rupiah per orang. Salib yang memiliki tinggi 30 meter ini dihiasi dengan lampu sehingga malam hari terlihat sangat indah dari Kota Tarutung.

  1. Graha Santa Maria Annai Velangkanni

Salah satu destinasi wisata rohani di Medan, Graha Santa Maria Annai Velangkanni merupakan gereja Katolik yang unik. Secara arsitektur, bangunan ini terlihat lebih mirip sebagai kuil Hindu, dengan puncak yang berundak-undak dan tempat masuk berupa tangga melingkar di sisi kiri dan kanannya.

Awalnya, gereja ini digunakan untuk umat Katolik Tamil yang berada di kota Medan, tetapi akhirnya gereja ini dibuka bagi seluruh umat katolik yang sedang mengunjungi Sumatera Utara. Terletak di Jalan Sakura, kota Medan, tempat ini memiliki taman yang indah dan bisa dikunjungi oleh siapapun yang ingin berjalan-jalan dan juga melihat keindahannya.

  1. Taman Wisata Iman

Setiap pengunjung dan juga wisatawan pasti punya caranya masing-masing untuk menikmati liburan mereka. Pencinta alam memiliki cara sendiri menikmati alam, begitu pula dengan Untuk para wisatawan yang memang menyukai wisata religi, tempat ini tidak boleh terlewatkan.

Taman Wisata Iman tidak menutup hanya untuk satu agama, tetapi bisa dikunjungi oleh semua agama karena terdapat gereja, kuil, masjid, dan vihara di dalamnya. Terletak di Desa Sitinjo,Kabupaten Dairi, dan berjarak sekitar 30 menit dari Ibu Kota Kabupaten Dairi, dan sekitar 6 jam dari pusat kota Medan. Ada berbagai bangunan-bangunan bersejarah bagi masing-masing pemeluk agama, dari tempat ibadat hingga miniatur bangunan. Tempat yang berada di perbukitan yang tertutup hutan pinus juga cocok untuk tempat wisata ronahi, karena suasana yang asri, tenang, dan nyaman. Kunjungi juga Pantai Kasih Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi.

  1. Maha Vihara Adhi Maitreya

Kota Medan memang tempat yang menarik untuk dikunjungi, karena di dalamnya terdapat banyak tempat ibadah yang menarik untuk dikunjungi, selain untuk beribadah, tetapi juga untuk meningkatkan toleransi antar umat beragama. Maha Vihara Adhi Maitreya adalah vihara tempat beribadah agama Buddha, dengan suasana yang asri, rapi, dan sangat terjaga kebersihannya.

Oleh karena itu, para pengunjung dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan dan juga tempat yang bersejarah ini. Saat pengunjung masuk ke dalam vihara, terdapat tiga buah patung suci, yaitu patung Sang Buddha, Dewi Kwan Im, dan Hakim Bao. Pengunjung dan wisatawan dapat berfoto di sekitar vihara yang terletak di Jalan Cemara Boulevard, kota Medan ini. Tempat-tempat di Sumatera memang banyak sekali yang menggugah keinginan untuk berwisata, seperti halnya tempat-tempat wisata di pulau lain seperti Tempat Wisata di Wakatobi Sulawesi Tenggara.

  1. Istana Maimun

Merupakan istana yang dibangun oleh Sultan Ma’mun Al Rashid Perkasa Alamyah. Dibangun mulai dari tahun 1887 sampai tahun 1891, tempat ini merupakan salah satu landmark yang terkenal di kota Medan. Pada zamannya, istana ini berfungsi sebagai tempat tinggal sultan, dan sekarang menjadi tempat wisata merangkap museum di kota Medan.

Pada zamannya, tempat ini terlihat sebagai tempat yang menunjukkan status sebagai seorang yang memiliki kekayaan besar, dan sekarang tempat ini berfungsi sebagai museum dengan interior yang kental akan arsitektur Melayu. Untuk para wisatawan yang tertarik untuk melihat landmark-landmark yang tersebar di seluruh Indonesia, tentunya tempat ini menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi, sama halnya dengan Tempat Wisata di Malino Sulawesi Selatan.

    30. Pulau Nias

Terkenal dengan pesona buday berupa lompat batu dan kegiatan selancar, Pulau Nias merupakan salahs atu destinasi wisata yang terkenal sampai ke mancanegara. Tradisi lompat batu setinggi 2 meter di Pulau ini dimulai dan lahir dari kebiasaan perang antar desa di masyarakat Pulau Nias.

Di desa Bawatomatuluo dan juga Hilisimae terdapat pertunjukkan tari perang tradisional, dengan para penari yang mengenakan kostum tradisional dengan bulu burung berwarna cerah yang diikatkan di kepala. Kegiatan lain yang juga terkenal sampai ke luar negeri adalah berselancar. Ombak di Nias merupakan salah satu yang terbaik di dunia dengan ombak besar dan menantang. Bagi para pengunjung yang ingin melihat keindahan alam Pulau Nias, terdapat juga Gunung Sitoli yang merupakan sentral pariwisata di Pulau Nias. Selain itu, ada juga Museum Pusaka Nias di tengah kota, dengan kurang lebih 6500 koleksi budaya peninggalan Masyarakat Nias.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *