Home > DKI Jakarta > DKI JAKARTA – OBJEK WISATA 1

DKI JAKARTA – OBJEK WISATA 1

1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Image Credit: Facebook.com @airchina

Berjalan-jalan ke kota besar seperti Jakarta tidak boleh melewatkan destinasi wisata ini. Taman Mini Indonesia Indah merupakan taman yang digadang-gadang sebagai miniatur Indonesia. Anda dapat melihat rumah adat, taman, museum, dan gedung teater yang menyajikan keunikan berbagai daerah di Indonesia.

Tempat ini ditunjuk sebagai salah satu icon pariwisata edukatif yang menyenangkan dan paling banyak dikunjungi ketika singgah di Jakarta. Anda juga bisa menjajal wahana permainan yang ada seperti bioskop 4 dimensi, taman dinosaurus dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Mini Indonesia Indah RT.7/RW.2, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

2. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Image Credit: Kepogaul.com

Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu tempat wisata yang sudah sangat populer, baik di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota. Tak heran bila pengunjungnya selalu padat di akhir pekan. Di kebun binatang ini, Anda juga dapat menikmati pemandangan berbagai macam satwa yang dirawat.

Selain itu terdapat fasilitas menarik yang akan menambah kepuasan Anda seperti wahana pentas satwa, kereta keliling dan sepeda keliling. Tiket masuknya dibanderol pada harga Rp 4.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak.

 
Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

3. Pantai Ancol

Pantai Ancol

Image Credit: Google Maps (Benang Merah)

Pantai yang satu ini adalah salah satu pantai yang selalu menjadi destinasi wisata populer sejak dahulu. Pantai Ancol sudah menjadi salah satu icon pariwisata di Jakarta yang diingat pertama.

Pantai ini berada di lokasi yang strategis karena dekat dengan berbagai destinasi wisata populer lain di Jakarta sekaligus memiliki fasilitas umum yang lengkap. Berkunjung ke Pantai Ancol akan mendapatkan suguhan panorama sunset yang indah dan pemandangan pantai pasir putih yang menyegarkan.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Nusadua No.13, RT.5/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

4. Ocean EcoPark

Ocean EcoPark

Image Credit: Ngetripkemana.com

Biasa juga disebut Allianz Ecopark Merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Jakarta yang menghadirkan konsep wisata alam atau greenlifestyle. Tempat ini menghadirkan berbagai fasilitas menarik yang bisa Anda kunjungi seperti rumah lebah, paintball, dan juga kano.

Selain itu, ada juga fasilitas terbaru yang sangat terkenal yaitu Ecofishing. Di Ecofishing para pengunjung dapat memancing ikan dengan bebas. Ikan hasil tangkapan pun bisa dibawa pulang. Harga tiket yang dibebankan yaitu sekitar Rp 25.000-Rp 180.000 per orang.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

5. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Image Credit: Google Maps (Rahmad Setiadi)

Untuk para wisatawan yang menyukai tempat yang tenang berkunjung ke Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan liburan yang pas. Meski masih termasuk dalam wilayah provinsi Jakarta, tempat ini berlokasi diluar area kota Jakarta sehingga jauh dari hiruk pikuk keramaian kota.

Selain tempatnya yang tenang, kepulauan ini terkenal akan keindahan alamnya. Anda bisa menikmati pemandangan pasir putih yang berpadu indah dengan birunya laut sembari duduk di tepi pantai yang rindang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

6. Ice Skating di Sky Rink

Ice Skating di Sky Rink

Image Credit: Sportourism.id

Siapa bilang bermain ice skating hanya bisa dilakukan di negara bersalju. Kini Anda pun bisa menikmatinya tanpa perlu jauh-jauh ke luar negeri. Di mall Taman Anggrek Jakarta, Anda dapat menikmati wahana ice skating yang diberikan oleh pihak pengelola mall.

Tempat wisata ini juga termasuk kedalam wahana ice skating terbesar se Asia Tenggara. Untuk dapat menikmati sensasi bermain ice skating selama 2 jam, Anda harus mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 85.000/orang.

Harga Tiket: Rp 85.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mall Taman Anggrek, Lantai 3, RT.12/RW.1, Tj. Duren, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

7. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Image Credit: Google Maps (Bismar Eduard)

Museum Bank Indonesia merupakan lokasi wisata bersejarah yang wajib dikunjungi yang berada di Jakarta Barat. Tempat ini mencatat sejarah perkembangan keuangan dan mata uang yang ada di Indonesia.

Selain melihat koleksi mata uang Indonesia, pengunjung juga dapat melihat berbagai koleksi mata uang lain yang juga dipamerkan di museum ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

8. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta

Image Credit: Hallojawa.com

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Terletak di Jakarta Pusat, Kota Tua menghadirkan konsep wisata menarik yang sarat akan nilai sejarah pada setiap bangunan dan arsitektur yang dihadirkannya.

Tempat ini juga banyak dijadikan sebagai spot foto yang unik, karena gaya bangunannya tergolong klasik dan juga sangat menarik. Bagi Anda yang berniat mengunjungi Kota Tua, maka disarankan untuk datang pada sore hari menjelang malam. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut, pemandangan Kota Tua akan menjadi sangat indah.

 
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mangga Besar, Kec. Tamansari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

9. Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung

Image Credit: Google Maps (Eko Budi Utomo)

Si Pitung adalah legenda betawi yang pada era penjajahan terkenal sebagai salah satu pahlawan yang ikut berjuang. Tokoh dari betawi ini dikenal sebagai Robin Hoodnya Indonesia yang merampok orang kaya yang memihak Belanda dan membagikan harta mereka pada rakyat miskin.

Ada berbagai versi mengenai Si Pitung yang beredar di masyarakat tetapi sosoknya tetap kenal terasa di kalangan masyarakat hingga saat ini. Bahkan rumahnya masih berdiri kokoh dan begitu terawat demi mengenang jasa-jasanya pada zaman dahulu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kampung Marunda Pulo, RT.02/RW.07, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

10. Petak Sembilan

Petak Sembilan

Image Credit: Medcom.id

Petak Sembilan merupakan salah satu destinasi wisata yang identik dengan kebudayaan Tionghoa. Disini Anda dapat menemukan spot foto menarik berlatar belakang klenteng atau vihara.

Sajian kuliner khas Tiongkok yang dihadirkan juga tidak boleh Anda lewatkan. Bagi Anda yang penasaran Anda dapat mengunjung Petak Sembilan yang berlokasi di Glodok, Jakarta.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kemenangan Raya No.40, RT.5/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

11. Pantai Marunda

Pantai Marunda

Image Credit: Google Maps (Martin Immanuel)

Pantai Marunda adalah pantai yang berada di kawasan Jakarta Utara yang dapat menjadi pilihan destinasi wisata Anda ketika sedang berlibur ke Jakarta. Pantai pasir hitam ini cukup terkenal di kalangan wisatawan karena tempatnya yang menarik.

Meski sudah menjadi lokasi wisata, tempat ini juga memiliki sejarah dengan pemerintahan kolonial Belanda pada zaman dahulu yang cukup menarik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gg. VII, RT.3/RW.7, Marunda, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

12. Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta

Image Credit: Mediaindonesia.com

Anda sangat menyukai astronomi? Atau sangat penasaran dengan pemandangan alam semesta? Di Planetarium Jakarta semua rasa penasaran Anda akan terjawab. Menghadirkan konsep tata surya dan replikasi letak planet dan bintang, menjadikan destinasi wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata ini merupakan salah satu wahana yang berada di Taman Ismail Marzuki. Bagi Anda yang berencana mengunjungi Planetarium, maka disarankan untuk berangkat pagi karena tempat ini hanya dibuka dari jam 09.00 hingga 13.00 WIB.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

13. Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang

Image Credit: Lampungpro.co

Pasar Tanah Abang adalah satu spot wisata sekaligus pusat perbelanjaan di Jakarta yang tidak hanya terkenal di kalangan turis saja tetapi juga masyarakat lokal. Grosir cinderamata yang lengkap dan berkualitas dengan harga terjangkau yang ditawarkan menjadi alasan utama tempat ini selalu ramai.

Untuk Anda yang ingin berwisata sekaligus mencoba untuk berbisnis, tempat ini sangatlah pas untuk dikunjungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pasar Tanah Abang, Kp. Bali, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

14. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Image Credit: Masandiwibowo.com

Fatahillah merupakan salah satu pahlawan pejuang kemerdekaan yang sangat terkenal dalam melawan penjajah di Batavia (Jakarta). Mengambil nama salah satu pahlawan terkenal tersebut, museum ini menghadirkan banyak kisah sejarah yang bisa Anda pelajari.

Tidak hanya dari kisahnya saja, museum ini juga dihadirkan berbagai foto-foto sejarah yang menggambarkan keadaan Jakarta di masa peperangan melawan penjajah. Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi museum, Anda dapat pergi ke Jalan Fatahillah, Jakarta.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

15. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan

Image Credit: Google Maps (Andre Mehong)

Jembatan Kota Intan berada di kawasan Ancol dan telah menjadi saksi betapa panjangnya perjalanan bangsa Indonesia selama 400 tahun. Jembatan yang bernilai historis tinggi ini dijadikan sebagai salah satu lokasi bersejarah sehingga berbagai acara penting sering diadakan di tempat ini.

Jembatan sepanjang 30 meter ini cocok untuk Anda yang ingin berburu lokasi foto yang cantik. Panorama yang disuguhkan sangatlah indah, dan tentu saja jembatan ini memberi nuansa bersejarah tersendiri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ancol Pademangan, RT.8/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

16. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Salah satu pulau dari gugusan Pulau Seribu ini menghadirkan suasana wisata khas yang menarik untuk dikunjungi. Disini, Anda bisa merasakan suasana kemah yang menyenangkan di tengah hutan ataupun di pinggir pantai.

Selain itu, air lautnya yang sangat jernih dan dangkal, menjadikan sensasi pemandangan bawah laut menjadi semakin mengagumkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

17. Taman Agrowisata

Taman Agrowisata

Image Credit: Google Maps (M. Syahroni)

Taman Agrowisata merupakan taman berkonsep alam di Jakarta Timur yang berbeda dengan objek wisata lain di kota ini. Mengusung konsep yang sangat berbeda dan jarang ditemui menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat ini.

Di dalam tempat ini wisatawan dapat menikmati berbagai buah dan tanaman yang ada di Indonesia yang ditanam di area perkebunannya. Anda tidak perlu takut kepanasan karena terdapat banyak pohon besar yang membuat tempat ini sangat rindang dan sejuk.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Cilangkap No.45, RT.6/RW.1, Cilangkap, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

18. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari

Image Credit: Pulaubidadariecoresort.com

Sama seperti pada Pulau Semak Daun, Pulau Bidadari juga termasuk kedalam gugusan Kepulauan Seribu yang berada di Jakarta Utara. Berbeda dengan Pulau Semak Daun, di pulau ini Anda dapat menemukan berbagai lokasi sejarah karena banyaknya situs maupun reruntuhan bangunan yang berasal dari zaman penjajahan.

Selain itu, pulau ini juga digunakan sebagai tempat konservasi hewan dan tumbuhan yang sudah mulai terancam keberadaannya. Tak heran, bila keunikan pulau Bidadari menjadikan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik untuk berkunjung ke sini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

19. Museum Tengah Kebun

Museum Tengah Kebun

Image Credit: Google Maps (Marsya Nisrina)

Berlokasi di Jakarta Selatan, Museum Tengah Kebun mengusung konsep pariwisata yang segar yang wajib Anda kunjungi bersama teman dan keluarga. Tempat ini menawarkan area museumnya yang memiliki lebih dari 4.000 benda bersejarah yang dilengkapi deskripsi di setiap bendanya.

Kemudian tidak hanya pengetahuan yang didapat, wisatawan juga dapat berjalan-jalan di area kebun yang rindang dan mengelilingi gedung museumnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kemang Timur No.66, RT.7/RW.3, Bangka, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

20. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang

Image Credit: Dolandolen.com

Walaupun bernama Situ Lembang, namun kawasan wisata ini bukan berada di Bandung. Salah satu destinasi wisata menarik di Jakarta ini menghadirkan konsep alam yang sangat menyenangkan. Yang menarik dari tempat wisata ini karena adanya fasilitas memancing yang sangat memuaskan para pengunjungnya.

Uniknya ikan hasil tangkapan ini boleh dibawa pulang setelah Anda membayarnya. Selain fasilitas pemancingan, tempat ini juga menyediakan area jogging track yang berada tepat di samping danau dan dikelilingi dengan bunga-bunga yang indah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *